Thursday 8 June 2017

Tips Untuk Menghemat Kuota

Lakukan Kebiasaan Ini Mampu Menghemat kuota Internet


Bagi para pengguna smartphone Android, iOS, BB atau Windows Phone harus selalu terhubung dengan Internet menjadi kebutuhan yang tak terelakkan,bila tak mau mati gaya.Dengan kecenderungan browsing,streaming dan bermain game online yang tak terkendali,tentunya ini akan meningkatkan kebutuhan sobat terhadap kuota Internet yang banyak.Agar kuota Internet tak cepat habis,sobat bisa mencoba beberapa kebiasaan berikut ini.

Credit : http://paketaninternet.com
Gunakan aplikasi Untuk memantau kuota
Smartphone Android dengan OS 4.0 ke atas sudah dilengkapi dengan fitur pemantau dan pembatas kuota Internet yang bisa ditemukan di dalam menu data usage dari menu settings.Sobat bisa menggunakannya untuk memantau dan membatasi penggunaan Internet bulanan sobat.
Matikan Penggunaan fitur auto-update dan auto-download
Perangkat Android, iOS, dan platform smartphone lainnya biasanya selalu dilengkapi dengan fitur auto-update untuk aplikasi.Untuk menghemat penggunaan kuota internet sebaiknya sobat hanya melakukan update aplikasi saat terhubung dengan WiFi saja.Untuk itu,matikan fitur tersebut.Pada smartphone Android,sobat bisa menon-aktifkannya melalui menu settings di dalam aplikasi Google Play.
Selain auto-update aplikasi,ada baiknya juga mematikan fitur auto-download pada beberapa aplikasi,seperti WhatsApp walaupun men-download gambar,pesan suara,maupun video pada WhatsApp tidak terlalu banyak menghabiskan kuota Internet.
cara upgrade android O
Penggunaan browser khusus hemat data
Aplikasi browser yang sobat gunakan juga bisa memengaruhi pemakaian kuota Internet bulanan sobat.Untungnya,ada beberapa aplikasi browser yang diciptakan dengan fitur khusus untuk menghemat pemakaian kuota Internet.
Beberapa yang bisa sobat coba yaitu Opera Max,Opera Mini,Onavo Extend (milik Facebook),Opera Browser dan Google Chrome.Kelima browser tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan kompres halaman website yang sobat buka.
Berani “pelit”
Menjadi sedikit “pelit” rasanya adalah hal yang sah-sah saja.Setiap smartphone Android yang ada saat ini bisa dijadikan hotspot WiFi.Ketika sinyal WiFi tersebut terpancar dan terdeteksi oleh teman yang sering nebeng,biasanya mereka akan langsung masuk ke dalam jaringan WiFi yang sobat miliki.Apabila hal ini sering terjadi dan terbukti menghabiskan kuota Internet sobat,ada baiknya sobat mengganti password WiFi secara berkala.
Nonton YouTube offline
Menonton Yuotube secara offline akan sangat membantu untuk menghemat kuota internet sobat.Mode ini dapat sobat gunakan pada fitur yang terdapat pada setiap video youtube yang sobat buka dan simpan secara offline pada smartphone.Jadi,setiap kali hendak menonton video tersebut di YouTube,sobat tak lagi memerlukan buffer.Bahkan,sobat bisa menontonnya meski tak memiliki koneksi Internet.
Tidur larut malam
Mayoritas operator seluler dan penyedia Internet di Indonesia memberlakukan aturan kuota Internet siang dan malam.Artinya,setiap paket Internet yang sobat beli dibagi menjadi dua,dimana sebagian kuota hanya bisa digunakan di jam sibuk atau siang hari dan sebagian lainnya hanya bisa digunakan di malam hari atau dini hari.Dengan kata lain,sobat dipaksa untuk begadang apabila tidak mau rugi kuota Internet malam sobat hangus begitu saja.
Itulah sobat beberapa trik untuk menghemat kuota.Karena tidak bisa dipungkiri untuk saat ini kuota adalah kebutuhan pokok bagi kita yang ingin selalu eksis di dunia maya.Semoga bermanfaat sobat...

Artikel Terkait

Tips Untuk Menghemat Kuota
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email